KEBIJAKAN PRIVASI

SUMMARECON HOME APPS

 

1. Pengantar

Aplikasi Digital Summarecon Home (“Aplikasi”) yang disediakan oleh  PT Satu Summarecon Sukses (TRIPLE-S) selaku pengelola Aplikasi yang bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka penyelenggaraan Aplikasi ini. TRIPLE-S sangat menjunjung tinggi nilai integritas dalam menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi yang diserahkan oleh pengguna terdaftar (“Member”) dalam Aplikasi ini.

 

Kebijakan Privasi ini (beserta Syarat dan Ketentuan serta Syarat dan Ketentuan Program Loyalti yang berhubungan dengan Aplikasi) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, analisis, penampilan, pengumuman, publikasi, perbaikan, pembaruan, pengubahan, transfer, penyebarluasan, pengungkapan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi pribadi yang Member berikan kepada TRIPLE-S, termasuk data pribadi Member, baik pada saat Member melakukan pendaftaran di Aplikasi, mengakses Aplikasi, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Aplikasi ("Data Pribadi").


Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan Aplikasi, Member menyatakan bahwa setiap informasi yang diberikan oleh Member merupakan data yang akurat, benar, dan sah, dan terbarukan, serta Member memberikan persetujuan kepada TRIPLE-S untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengubah, menganalisa, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Aplikasi.

 

2. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Member

Ketika Member menggunakan Aplikasi, TRIPLE-S mengumpulkan Data Pribadi Member (termasuk namun tidak terbatas pada informasi elektronik dalam bentuk teks, suara, gambar dan bentuk lainnya yang serupa) dengan tujuan untuk memproses transaksi Member, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan serta Syarat dan Ketentuan Program Loyalti yang berhubungan dengan Aplikasi sebagaimana diperbolehkan oleh hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun Data Pribadi Member yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

2.1. Data Pribadi yang diserahkan secara mandiri oleh Member, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Member:

2.1.1. Membuat atau memperbarui akun pada Aplikasi termasuk diantaranya nama Member (baik nama asli maupun username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan lain-lain;

2.1.2. Menghubungi TRIPLE-S sehubungan dengan penggunaan Aplikasi, termasuk layanan konsumen;

2.1.3. Memberikan Data Pribadi yang diperlukan sehubungan dengan Program Loyalti;

2.1.4. Mengisi survei yang dikirimkan oleh TRIPLE-S;

2.1.5. Mempergunakan layanan-layanan atau fitur manapun pada Aplikasi sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi;

2.1.6. Apabila diperlukan oleh sistem pembayaran maupun Aplikasi, mengisi data-data untuk keperluan pembayaran pada saat Member melakukan aktivitas transaksi pembayaran tagihan-tagihan sehubungan dengan tagihan utilities dari Properti yang ada dalam Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada cara pembayaran, data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel; dan/atau

2.1.7. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Member pada Aplikasi.

2.2. Data Pribadi yang terekam pada saat Member mempergunakan Aplikasi maupun pada saat mendaftarkan diri untuk mempergunakan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:

2.2.1. Data identitas Member seperti, antara lain, KTP/KITAS/Passpor, Kartu Keluarga dan/atau Kartu Pelajar;

2.2.2. Data kepemilikan kendaraan dan Properti Member seperti, antara lain, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Akta Jual Beli (AJB) serta Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Dokumen Sewa Menyewa Properti maupun dokumen-dokumen yang berkenaan dengan properti seperti surat kuasa dari pemilik, dokumen-dokumen jaminan properti pada Bank maupun pihak ketiga lainnya serta dokumen-dokumen terkait lainnya;

2.2.3. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;

2.2.4. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Member, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;

2.2.5. Data penggunaan atau preferensi Member, diantaranya interaksi Member dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;

2.2.6. Data transaksi yang detail, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli atau digunakan dalam Aplikasi, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya, apabila fitur Aplikasi memungkinkan dilakukannya hal demikian;

2.2.7. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;

2.2.8. Pengidentifikasi terminal seluler, informasi lokasi, nomor keanggotaan EP, akses informasi ke Aplikasi, dan informasi lainnya berdasarkan penggunaan Aplikasi oleh Member; dan/atau

2.2.9. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur Aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja Aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau aplikasi atau layanan pihak ketiga yang Member gunakan sebelum menggunakan Aplikasi.

2.3. Data Pribadi yang diperoleh dari sumber lain, termasuk:

2.3.1. Summarecon Group, termasuk data dan informasi terkait kepemilikan dan/atau sewa-menyewa properti Member pada Summarecon Group serta informasi lain yang mungkin dapat diminta dan diserahkan oleh Member sehubungan dengan suatu transaksi dengan Summarecon Group; 

2.3.2. Mitra usaha TRIPLE-S yang turut membantu TRIPLE-Sdalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Aplikasi kepada Member, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, infrastruktur Aplikasi, dan mitra-mitra lainnya;

2.3.3. Mitra usaha TRIPLE-S yang menyediakan layanan yang mendukung dan/atau memfasilitasi Member membuat atau mengakses akun TRIPLE-S pada Aplikasi, seperti layanan media sosial, periklanan, atau situs/aplikasi yang menggunakan Aplikasi ini;

2.3.4. Penyedia layanan finansial apabila Aplikasi memungkinkan adanya layanan finansial baik menggunakan infrastruktur Aplikasi sendiri maupun bekerjasama dengan pihak ketiga yang merupakan penyedia layanan finansial;

2.3.5. Penyedia layanan pemasaran dan periklanan, analis data skala besar, artificial intelligence, dan penyedia layanan pihak ketiga lain; dan

2.3.6. Sumber yang tersedia secara umum.

Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Member mengonfirmasi bahwa Member telah mengizinkan pengumpulan, penyimpanan, pengiriman, pengelolaan, dan penyampaian seluruh Data Pribadi yang telah Member serahkan kepada TRIPLE-S sebelum Member mulai menggunakan Aplikasi. Member dengan ini membebaskan TRIPLE-S TRIPLE-Satas segala tanggung jawab hukum serta tidak akan melakukan penuntutan atau gugatan secara hukum terkait dengan pengumpulan, penyimpanan, pengiriman, pengelolaan serta penyampaian seluruh data pribadi Member oleh TRIPLE-S sebelum Member mulai menggunakan Aplikasi.

2.4     Jika dengan alasan apapun Member menyampaikan, mengirimkan, mendistribusikan atau dengan cara lain apapun memberikan akses kepada TRIPLE-S suatu informasi pribadi milik pihak ketiga, Member dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa informasi pribadi milik pihak ketiga tersebut telah diperoleh, dikirimkan, disampaikan, atau dengan cara apapun dibuka aksesnya dengan persetujuan dari pihak ketiga tersebut dan dengan cara yang sesuai dengan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Member dengan ini menyatakan akan bertanggungjawab secara penuh dan membebaskan TRIPLE-S dari segala tanggungjawab atas penyampaian, pengiriman, pendistribusian atau pengungkapan informasi pribadi yang menyangkut pihak ketiga yang disampaikan kepada TRIPLE-S..

 

3. Penggunaan Data Pribadi

TRIPLE-S dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Member sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

3.1 Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun unggahan transaksi yang dilakukan oleh Member melalui Aplikasi, termasuk untuk pelaksanaan Program Loyalti.

3.2 Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan TRIPLE-S, termasuk:

3.2.1 Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan reward, parkir, directory, maupun produk-produk lainnya melalui Aplikasi termasuk memberikan informasi mengenai adanya penjualan, acara (event) serta kampanye produk atau jasa yang disediakan oleh TRIPLE-S, Summarecon Group dan/atau perusahaan lain yang ditunjuk oleh Summarecon Group;

3.2.2 Memungkinkan fitur untuk mempribadikan atau personalisasi akun Member pada Aplikasi, seperti Wishlist; dan/atau

3.2.3 Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan serta memaksimalkan layanan pada Aplikasi, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas serta hal-hal lainnya yang mendukung layanan Aplikasi;

3.3 Membantu Member pada saat berkomunikasi dengan customer service atau layanan konsumen Aplikasi, diantaranya untuk:

3.3.1 Memeriksa dan mengatasi permasalahan Member dalam menggunakan Aplikasi;

3.3.2 Mengarahkan pertanyaan Member kepada petugas customer service atau layanan konsumen yang tepat untuk mengatasi permasalahan;

3.3.3 Mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan Aplikasi; dan

3.3.4 Membantu member sehubungan dengan penggunaan Properti

3.4 Menghubungi Member melalui email, surat, telepon, fax, aplikasi layanan konferensi video dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk notifikasi, otentikasi, menyediakan Informasi tentang produk dan layanan yang dikelola oleh TRIPLE-S dan/atau Summarecon Group serta membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala.

3.5 Menggunakan data yang diperoleh dari Member sehubungan dengan Town Management dan/atau Building Management pada Properti termasuk dalam kerangka pemberian pelayanan yang tersedia pada fitur-fitur yang terdapat dalam Aplikasi;

3.6 Menggunakan data yang diperoleh dari Member untuk tujuan penelitian, riset pemasaran, statistik, analisis, pengembangan dan pengujian produk, analisis pengukuran efektivitas periklanan termasuk guna meningkatkan keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru.

3.7 Menginformasikan kepada Member terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. TRIPLE-S juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan TRIPLE-S, Summarecon Group dan mitra usahanya yang merupakan bagian dari Program Loyalti Aplikasi dan Program Loyalti Summarecon Malls Apps.

3.8 Peningkatan dan pengembangan produk dan kualitas layanan pelanggan dan lainnya;

3.9 Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan dari Aplikasi serta Syarat dan Ketentuan Program Loyalti yang berhubungan dengan Aplikasi, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.

 

4. Pengungkapan Data Pribadi

4.1. TRIPLE-S menjamin bahwa tidak ada penjualan, pengalihan, pembagian atau peminjaman atas Data Pribadi Member kepada pihak ketiga lainnya, tanpa adanya izin atau persetujuan dari Member, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

4.1.1 untuk kepentingan (i) Summarecon Group sebagai pengendali Data Pribadi maupun (ii) mitra atau pihak ketiga lainnya dari TRIPLE-S sebagai yang membantu sehubungan dengan penyediaan layanan Aplikasi, pengolahan data, dan memproses segala bentuk aktivitas Member dalam Aplikasi, termasuk memproses transaksi, verifikasi transaksi maupun keanggotaan dan Program Loyalti;

4.1.2 TRIPLE-S dapat menyediakan Data Pribadi yang relevan kepada mitra usaha TRIPLE-S untuk memfasilitasi penggunaan layanan mitra usaha oleh Member, termasuk diantaranya aplikasi atau situs web lain yang telah terintegrasi atau terhubung dengan Aplikasi TRIPLE-Satau layanannya (termasuk yang berhubungan dengan sistem pembayaran, apabila ada), atau mitra usaha yang mana TRIPLE-S telah bekerjasama untuk melakukan promosi, kontes, atau layanan yang berkaitan dengan AplikasiTRIPLE-S;

4.1.3 Untuk melakukan koordinasi dengan mitra usaha TRIPLE-S sehubungan dengan mitigasi risiko, penyelesaian kendala atau hal-hal lain yang TRIPLE-S anggap perlu untuk melindungi kepentingan Member; dan/atau

4.1.4 Untuk penyediaan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma serta lembaga riset, atau penyediaan layanan sejenis untuk tujuan-tujuan lainnya yang diatur dalam Pasal 3 (Penggunaan Data Pribadi). 

4.2. Member mengizinkan TRIPLE-S untuk mengalihkan, mengungkapkan, mengolah dan memproses Data Pribadi Member di luar wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia sepanjang diperkenankan oleh ketentuan-ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4.3. TRIPLE-S dapat mengungkapkan Data Pribadi Member untuk mematuhi ketentuan-ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum serta sehubungan dengan adanya proses hukum pada lembaga peradilan maupun karena adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

4.4. TRIPLE-S akan mengambil segala langkah yang wajar dan diperlukan untuk melindungi Data Pribadi Member yang diungkapkan atau dialihkan kepada pihak ketiga manapun dengan standar perlindungan yang setara dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini.

 

5. Cookies

5.1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Member yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Member selama mengunjungi suatu situs web.

5.2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Member miliki di perangkat komputer Member, selain dari yang telah Member setujui untuk disampaikan.

5.3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Member akan menerima cookies, Member dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Member yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Aplikasi).

5.4. TRIPLE-S menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data Pribadi yang TRIPLE-S peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Member dan lain sebagainya, akan TRIPLE-S gunakan untuk pengembangan Aplikasi beserta kontennya. Jika Member tidak ingin datanya terlacak oleh Google Analytics, Member dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.

5.5. TRIPLE-S dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Aplikasi, termasuk diantaranya adalah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Member berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Member tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Member dapat mengaturnya melalui browser.

 

6. Pilihan Member dan Transparansi

6.1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga Aplikasi        TRIPLE-Stidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Member. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Member saat Aplikasi pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Member saat Aplikasi pertama kali dimuat dan Member diminta untuk memberikan persetujuan terhadap pemberitahuan tersebut pada saat Aplikasi pertama kali meminta akses terhadap data tersebut (untuk Perangkat iOS) atau pada saat Aplikasi pertama kali dimuat (untuk perangkat Android).

6.2. Member dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank bilamana Aplikasi menyediakan fitur-fitur tersebut serta Data Pribadi lainnya melalui fitur Pengaturan pada Aplikasi apabila Aplikasi memiliki fitur pembayaran.

6.3. Member dapat menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi yang dikirimkan oleh TRIPLE-S melalui fitur Pengaturan pada Aplikasi. TRIPLE-S tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Member.

6.4. Sejauh diizinkan oleh ketentuan hukum dan/atau peraturan perundangan-undangan yang berlaku, Member dapat menghubungi TRIPLE-S untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pribadi Member. Dalam hal tersebut, Member memahami konsekuensi bahwa Member tidak dapat menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan terkait lainnya.

 

7. Penyimpanan

TRIPLE-S tidak akan menyimpan Data Pribadi Member lebih lama dari yang dibutuhkan sebagaimana diuraikan untuk memenuhi tujuan penggunaan sebagaimana diatur dalam Pasal 3 dari Kebijakan Privasi ini dan sebagaimana dipersyaratkan oleh ketentuan hukum dan/atau peraturan perundangan-undangan yang berlaku yang berkenaan dengan retensi Data Pribadi.

 

8. Penghapusan Data Pribadi 

Member dapat meminta TRIPLE-S untuk melakukan penghapusan Data Pribadi sesuai kebutuhan dan dengan disertai alasan dan data pendukung yang sah termasuk untuk menghubungi TRIPLE-S sehubungan dengan penggunaan Data Pribadi pada alamat sebagai berikut:

 

PT Satu Summarecon Sukses

Plaza Summarecon, Jalan Boulevard Gading Serpong

Blok M.5 No. 3, Pakulonan Barat, Kelapa Dua

Tangerang, Banten

atau

maupun melalui e-mail pada alamat email sebagai berikut csapps@summarecon.com

 

9. Pemberitahuan Kebocoran

TRIPLE-S selalu memastikan bahwa Data Pribadi Member dilindungi sepenuhnya dengan seluruh kemampuan TRIPLE-S. Namun jika Data Pribadi Member bocor yang disebabkan oleh tindakan di luar kendali TRIPLE-S, Member mengizinkan TRIPLE-S untuk memberitahu Member melalui sarana elektronik mengenai kebocoran Data Pribadi tersebut.

 

10. Perubahan Kebijakan Privasi

TRIPLE-S dapat sewaktu-waktu dengan kebijakan TRIPLE-S sendiri melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Dalam hal tersebut, TRIPLE-S akan meminta Member untuk membaca secara seksama dan memeriksa perubahan atau pembaruan Kebijakan Privasi dan Member akan diminta untuk memberikan persetujuan atas pembaruan atau perubahan Kebijakan Privasi ini. Apabila Member tidak memberikan persetujuannya, maka Member tidak dapat menggunakan Aplikasi ini.

 

11. Persetujuan Kebijakan Privasi

Dengan melakukan click setuju pada form atau column persetujuan terhadap Kebijakan Privasi ini, Member memberikan persetujuan kepada TRIPLE-S untuk menggunakan Data Pribadi Member sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.